Febryon Tri Intano, adalah pemilik sekaligus mesin utama di balik laju pesatnya Rantiang Ameh Goat Farm. Pebisnis muda lulusan Magister (S2) Fakultas Peternakan Universitas Andalas ini mulai membangun peternakan kambing ini sejak orang tua dan mertua beliau mulai sakit-sakitan dan butuh perawatan. Hal ini membuat beliau memutuskan untuk berhenti dari perusahaan tempat beliau bekerja dan pulang kampung dengan niat merawat orang tua serta memulai berbisnis.

"Saya ini kebetulan kan memang backgroundnya peternakan, saat itu masih sarjana peternakan, sebab itu maunya berbisnis di bidang peternakan juga. Ditambah lagi pameo di lingkungan kami mengatakan bahwa anak-anak (lulusan) peternakan itu kan bisa sukses di semua bidang, kecuali di bidangnya (bidang peternakan. Saya ingin membantah hal tersebut, ingin buktikan kalau di bidang peternakan pun tetap bisa sukses", terang Febryon sambil berseloroh.

Saat ini, Rantiang Ameh Goat Farm memiliki daya tampung sebanyak 150 ekor kambing. Fokus bisnis peternakan ini adalah pada produksi susu kambing serta produk olahannya. Walau demikian, Rantiang Ameh tetap menjual anakan maupun kambing dewasa, tentu saja setelah mempertimbangkan ketersediaan dan antrian pemesan. Kambing di peternakan ini dipelihara dengan telaten dan ilmu yang cukup, bahkan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian hingga Perguruan Tinggi menitipkan siswa dan mahasiswa mereka untuk magang dan field study di peternakan ini.


Untuk berkunjung ke lokasi peternakan ini, cukup berkendara dari Kota Bukittinggi dengan durasi kurang lebih 20 menit. Kita bisa temukan informasi terkait Rantiang Ameh Goat Farm di Google dan juga sosial media. Saat memasuki lokasi, kita akan langsung melihat sebuah cafetaria yang menyiapkan menu berbagai varian rasa susu kambing, termasuk kopi susu dan sebagainya. Semua bahan susu yang dijual untuk pengunjung tentu saja berasal dari peternakan ini sendiri.

Rantiang Ameh Goat Farm juga telah memiliki laboratorium sendiri dan sudah mengantongi izin BPOM. Ketika berkunjung ke peternakan ini, kami seperti memperoleh paket komplit, layak disebut one stop solution untuk dunia peternakan kambing. Selain kambing dan susu kambing beserta olahannya, pengunjung tentu juga bisa memperoleh ilmu dan pengetahuan baru tentang kandungan daging kambing dan atau manfaat susu kambing langsung dari pemilik peternakan.

Untuk informasi dan visualisasi lebih jelas tentang Rantiang Ameh Goat Farm, bisa sahabat simak pada video di bawah ini.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama