Perkenalkan, nama anak muda keren satu ini adalah Nicostri Naldo Meredian atau yang biasa disapa Nico. Lulusan Sarjana (S1) Pendidikan Sejarah di Universitas ternama di Sumatera Barat ini memutuskan untuk membuka lapangan kerja sendiri di bidang Pertanian. Meski secara keilmuan tidak ada hubungan langsung dengan ilmu di Perguruan Tinggi, Nico mengaku pertanian membuatnya nyaman dan merasa sektor ini masih sangat menjanjikan.

Sejak 2016, Nico memutuskan pulang kampung dan mulai membangun mimpinya dari kampung. Langkah pertama yang ia lakukan adalah membangunkan kembali lahan-lahan tidur milik keluarga, mulai dari menanam cabe, bawang hingga jahe. Awal terjun, Nico mengaku cukup sering mendapat cemoohan terkait pilihannya yang menjadi petani padahal sudah sekolah tinggi. Namun menurutnya, cara terbaik untuk menepis tanggapan miring tersebut adalah dengan fokus berkarya dan tunjukkan hasil terbaik.

"Pada akhir 2019, saya berpikir bahwa mesti ada cara untuk meng-influence anak-anak muda untuk sadar bahwa pertanian ini adalah sektor yang menjanjikan. Profesi sebagai petani juga membuat kita lebih dekat dengan alam dan menemukan makna hidup itu sendiri. Akhirnya saya putuskan untuk membuat kanal youtube dengan tujuan membagikan kegiatan-kegiatan pertanian yang saya lakukan. Motto yang diusung untuk channel ini adalah dari petani untuk petani", terang Nico terkait awal mula ia terjun ke Youtube.


Mulai membangun channel youtube sendiri ternyata tidak semulus yang dibayangkan. Berbagai kendala ia temui, mulai dari belum terbiasa berbicara di depan kamera, peralatan yang kurang memadai hingga masalah cemoohan baru dari orang-orang. "Saya menganut prinsip YakUSa (Yakin, Usaha, Sampai), ini yang membuat saya tak lekas patah orang. Semua masalah pasti ada solusinya!", sambung Nico.

Beberapa bulan setelah upload video pertama, Petanico Channel yang ia kelola tidak menunjukkan progress yang signifikan. Namun Nico terus menambah materi video di channelnya dengan niat membagikan apa yang ia tahu. Hingga suatu ketika, satu videonya mendadak viral dan membuat Petanico Channel berkembang pesat. Video itu diberi judul "Herbisida Alami Pembasmi Rumput Aman dan Ramah Lingkungan - Murah Meriah", hingga hari ini tercatat sudah ditonton lebih dari 4 juta kali.

Hal ini tentu menjadi semangat baru bagi Nico untuk terus mengembangkan channel youtubenya. Selain untuk bakti membagikan ilmu tentang pertanian, ada bonus keuangan yang ia peroleh dari kegiatan tersebut. "Sekarang saya sudah tak sekaku awal-awal membuat video, sudah bisa menyesuaikan dan belajar bagaimana berbicara di depan kamera. Untuk teknis produksi termasuk bagaimana editting video, masih terus saya asah dan pelajari. Tak ada yang menduga anak kampung seperti saya bisa dapatkan penghasilan lebih dari 5 juta satu bulan dari youtube", terang Nico sembari tertawa.


Untuk anak-anak muda lain Nico berpesan, tak perlu ragu dengan mimpi yang kamu miliki. Berjuanglah sebaik mungkin untuk peroleh hasil yang terbaik pula. Semua masalah pasti ada jalan keluar, jadi fokus saja mengejar apa yang sudah direncanakan. "Petanico Channel adalah bukti bahwa semua orang bisa memainkan perannya dalam era teknologi informasi ini", tutup Nico di akhir pembicaraan.

Untuk sahabat yang mau tau lebih lengkap cerita Nico dan Petanico Channel, bisa menyaksikan videonya di bawah ini :



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama