Bonsai kelapa atau juga dikenal dengan sebutan coconut bonsai atau coco bonsai adalah tanaman kelapa yang dikerdilkan sehingga bisa tumbuh dalam pot atau media tanam kecil. Jika biasanya pohon kelapa tumbuh tinggi hingga belasan meter, coco bonsai tumbuh tidak lebih dari 50cm saja. Keunikan dan keindahannya menarik minat banyak pencinta tanaman hias dan kolektor bonsai, tak heran jika nilai ekonomisnya pun meningkat. Saat tulisan ini dipublish, harga coco bonsai terpantau pada angka ratusan ribu hingga jutaan. Harga coco bonsai bergantung pada keindahan tanaman hingga berapa panjang umurnya, ada beberapa variabel yang menentukan harga.

Perlu waktu panjang untuk mendapatkan tanaman bonsai yang mungil dan indah. Selama masa perawatan dan training bonsai, beberapa hal dilakukan untuk membentuk coco bonsai sesuai keinginan. Tentu saja diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam merawat dan membentuk bonsai demi keindahan tanaman hias ini. Karenanya, untuk pemula yang ingin menaruh dan merawat bonsai di rumahnya, pelu menyimak beberapa hal mendasar terkait bonsai khususnya coco bonsai di tulisan ini.

Beberapa hal mendasar yang perlu sahabat perhatikan ketika ingin memulai merawat coco bonsai adalah sebagai berikut :


1. Pemilihan Bibit 
Tahap pertama adalah pemilihan bibit kelapa untuk dibonsaikan. Semua jenis kelapa dapat dibonsaikan asal buah kelapa yang digunakan "benar-benar tua" dan tidak rusak. Tanda kelapa tua adalah warna kulit sabut menjadi coklat tua dan ketika diguncang, akan terdengar bunyi air kelapa berguncang. Kelapa hijau dan kelapa kuning gading adalah dua jenis kelapa yang paling banyak digunakan oleh para pembonsai. Buah kelapa yang sudah bertunas, dapat langsung diolah dengan pengelupasan sabut. Namun untuk buah kelapa tua yang belum bertunas, perlu didiamkan dulu di tempat lembap untuk meransang pertumbuhan akar dan tunas.


2. Pot dan Media Tanam
Ada dua jenis media yang digunakan dalam pembuatan coco bonsai, media air dan media tanah. Kelapa pada dasarnya adalah tanaman yang gampang tumbuh, mau di air, tanah, bahkan pasirpun kelapa mampu tumbuh. Namun pada pembonsaian, biasanya penghobi menggunakan dua media tersebut. Kedua jenis media tadi akan menghasilkan pertumbuhan coco bonsai dengan karakteristik yang berbeda, seiring dengan berbeda pula cara perawatan yang perlu dilakukan.


3. Perawatan Coco Bonsai
Perawatan dan training coco bonsai membutuhkan waktu yang cukup panjang. Hal ini dimulai dari tahap awal dimana tunas kelapa mulai keluar, dan perakaran mulai muncul. Hal pertama yang dilakukan adalah pengelupasan sabut kelapa, hal ini perlu dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya tidak merusak sistem perakaran. Pada tiap tahap pertumbuhan daun, dilakukan pula pemangkasan dan pengelupasan kelopak daun untuk membentuk batang tanaman. Perawatan lain yang juga dilakukan adalah penyayatan dan pembelahan pada pelepah daun muda, hal-hal ini dilakukan untuk membentuk bonsai agar kerdil dan indah.

Itu saja hal mendasar tentang coco bonsai yang sahabat perlu tahu sebelum mulai merawatnya di rumah. Untuk melihat tahapan secara visual, sahabat bisa menontonnya di video berikut ini :

Official instagram : www.instagram.com/dosen.petani
Official Youtube Channel : www.youtube.com/c/DosenPetani
for business inquiries : dosenpetani@gmail.com

Cara mudah membuat bonsai kelapa bagi pemula!



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama